Saya akan mengajak anda bertukar pemikiran dan membantu dalam segala permasalahan hidup. Kami akan memberi dukungan, infomasi, dan penyelesaian masalah yang paling tepat.

Sabtu, 05 November 2016

Mengapa Umat Kristen harus pergi ke gereja?


Mengapa Umat Kristen harus pergi ke gereja?



Ketika masih belajar di SMK saya pernah membawa teman sekelas  saya untuk tinggal dirumah saya, kurang lebih selama 1 minggu, sebelumnya dia tinggal disebuah Yayasan Pantiasuhan dan dikeluarkan karena melangar peraturan disana. Suatu malam kami sedang berbincang-bincang mengenai Agama, dia adalah Umat Islam dan saya adalah Umat Kristen, kami bermaksud mengenal satu sama lain, saya bertanya kepada sahabat saya: “Kenapa selama ini kamu tidak pernah pergi ke Masjid untuk beribadah?” kemudian dia menjawab: “Untuk apa?, saya bisa beribadah dirumah, dan saya juga bisa belajar tentang Firman-Nya dengan Kitab Suci  sendiri!”  saya berseru: “Jika setiap orang memiliki pemikiran yang sama seperti kamu maka tidak akan ada orang yang pergi beribadah ke Masjid, dan tidak akan ada yang mendirikan Masjid lagi!” dia tidak mampu menjawab lagi, padahal biasanya dia selalu menang dalam perdebatan dengan saya, dan dia memiliki sifat yang keras, tetapi untuk saat itu dia kalah. Dan hari selanjutnya dia menyuruh saya mengantar untuk beribadah , dia juga menyuruh saya menemani dan mengantarnya kerumah tetangga untuk meminjam peralatan beribadah dan menumpang sholat disana, sungguh luar biasa dan sampai detik ini saya mengagumi ketekunannya dalam beribadah, bahkan ketika saya malas beribadah saya menjadi ingat akan malam itu lagi, sebuah kalimat yang sederhana, tetapi aku sudah memulihkan kesadarannya, terpujilah Tuhan yang selalu setia menantikan kita untuk datang dan bertobat kepada-Nya.

Pekerjaan! kadang karena sibuk mempersiapkan hidupnya dan memenuhi kebutuhannya, manusia menjadi lupa untuk beribadah padahal itu adalah sebuah kewajiban dan merupakan kebutuhan Rohani kita, jangan sampai kita melupakan Tuhan karena Dialah sang pencipta, bukankah kita diberikan kehidupan untuk memuliakan dia? tentu saja, bekerja dan berkarya itu sangat penting untuk mempertahankan kehidupan ini, tetapi semua  harus seimbang! yaitu antara bekerja dan beribadah, artinya kita harus pandai membagi waktu, meluangkan waktu untuk datang kepada-Nya, hanya sebentar tetapi segala sesuatu yang kecil itu akan membuahkan segala sesuatu yang besar, berdoa satu menit! jika itu dengan kesungguhan hati, Dia akan memberikan berkat yang melimpah kepada kita dan tidak dapat dihitung banyaknya. Ketika saya masih bekerja di Bogor, saya hanya punya waktu sedikit untuk pergi beribadah ke gereja, karena saya sungguh disibukkan dalam pekerjaan, masuk kerja jam 9 pagi, pulang jam 9 malam, sebulan mendapat jatah libur sekali, tetapi setelah diberi kepercayaan oleh atasan saya, untuk menjaga toko  sendiri, rasanya tidak mungkin untuk libur (4 toko grosir handpone salah satunya yang saya jaga). Tetapi saya masih beruntung, karena ibadah pada hari minggu di mulai jam 7 pagi dan saya masih punya waktu untuk beribadah. Gerejanya cukup jauh, sungguh terkejud ketika saya mendengar bahwa dahulu orang-orang sekitar menolak umat Kristen mendirikan sebuah gereja dipusat Kota, dan masih beruntung akhirnya dapat membeli sebuah tanah dan bisa membangun sebuah gereja, meskipun letaknya memprihatinkan. Itu membuat Umat Kristen disana memiliki kesungguhan hati yang besar untuk datang ke gereja, mengingat begitu besar pengorbanan dan penolakan mendirikan sebuah gereja, begitu juga adanya keinginan untuk berkumpul dan memuliakan Tuhan bersama. Saya sendiri jarang untuk berkumpul dengan keluarga  satu rumah ketika di Bogor, karena semua sibuk bekerja, dan hari minggu adalah hari istimewa dimana semua orang meluangkan waktu bersama untuk berkumpul.

Pergi ke gereja bukan hanya untuk beribadah saja, tetapi untuk mempererat ikatan persaudaraan kita sesama umat Kristen. Kita semua adalah anggota dalam gereja, dan kita adalah satu tubuh, jika satu anggota tubuh menghilang semua menjadi tidak seimbang dan terpaksa bagian tubuh yang lain harus menggantikan tugasnya, tetapi akan sangat sulit dan hasilnya menjadi tidak sempurna, misalkan kita kehilangan tangan kita, atau kita kehilangan kaki kita, ataupun kehilangan lidah kita! kita berusaha memakai anggota tubuh yang lain untuk menggantikan peran yang hilang. Tuhan telah berfirman kepada kita “Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.” ( 1 Korintus 12:22 ) kadang orang yang mempunyai tanggungjawab besar  tidak bisa melaksanakan tugas kecil dan sederhana karena dia terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mengerjakannya dan saat itulah dia membutuhkan oran lain. Jadi jangan sampai kita memiliki pemikiran bahwa kita tidak dibutuhkan didalam gereja, karena setiap orang memiliki talenta/kemampuan yang berbeda dan kemampuan yang kecil dan sepele saja kadang sangat dibutuhkan, kita semua adalah orang-orang yang berharga untuk membangun gereja kita, dan masa depan gereja  juga ditentukan oleh kerjasama dan kesatuan tubuh. “Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota     turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.” (1 Korintus 12:26), “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang dekat” (Ibrani 10:25).



Kita juga perlu bimbingan dari orang lain didalam membangun iman kita kepada Tuhan, terkadang kita merasa sudah tau dan cukup pintar dalam memahami firman Tuhan secara pribadi, tetapi alangkah indahnya jika kita mendengarkan perkataan orang lain yang menyampaikan firman-Nya, supaya kita menjadi lebih mengerti dan alangkah indahnya jika kita memuji Tuhan bersama-sama dengan sepenuh hati dan serentak suara kita, sampai semua orang menjadi tenang dan damai hatinya mendengarkan pujian-pujian kita kepada Tuhan, semua orang Kristen pasti merindukan suasana itu. “Ingatlah  akan masa yang lalu. Sesudah kamu menerima terang, kamu banyak menderita oleh karena kamu bertahan dalam perjuangan yang berat” (Ibrani 10:32) kita telah menerima keselamatah dari Yesus Kristus, mari datang kepada-Nya dan bersyukur! “Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya” (Ibrani 10:37) kita tidak tau kapan Dia akan datang, karena kedatangan-Nya seperti pencuri, maka jangan menunda lagi untuk datang, karena Allah senantiasa menerima kita, meskipun kita sudah sangat jauh. (Minggu, 12 Juli 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar